Cara Menggunakan Pembalut

670px-Use-a-Sanitary-Napkin-(Pad)-Step-2-Version-3

1. Pilihlah pembalut dengan ketebalan, daya serap, bentuk, dan gaya yang sesuai. Dengan 3,5 milyar wanita di dunia, maka ada banyak pilihan yang diperlukan untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan. Berikut ini adalah penjelasan umum dari jenis pembalut yang dapat Anda pilih:

  • Ketebalan. Semakin sedikit cairan yang keluar, maka semakin tipis pembalut yang diperlukan. Namun, daya serap pembalut telah berkembang secara dramatis tahun-tahun belakangan ini. Sebagian pembalut yang lebih tipis sudah cukup baik daya serapnya. Pembalut jenis ini lebih nyaman dipakai, sehingga ketika Anda duduk, Anda lupa kalau sedang memakai pembalut.
  • Daya serap. Teliti tingkatan (tipis, sedang, atau tebal) dan panjang pembalut dan cobalah beberapa merek dan gaya sebelum menentukan pembalut yang Anda sukai.
  • Bentuk. Ada bermacam-macam bentuk pakaian dalam wanita di pasaran, jadi adapula bermacam-macam bentuk pembalut! Namun tiga pembalut utama adalah yang digunakan untuk celana dalam biasa, thong (celana dalam yang tidak menutup bagian bokong dan terdapat penghubung berupa kain antara karet pada bagian belakang dan depan celana dalam), dan pembalut untuk malam hari. Pembalut malam hari sudah cukup jelas (ukurannya lebih panjang, dibuat khusus untuk berbaring) namun bagaimana dengan dua jenis lainnya? Menggunakan pembalut saat Anda memakai thong kemungkinan bisa terasa sulit. Anda bisa mencobanya, namun jika Anda baru pertama kali menggunakan pembalut, kenakan pembalut biasa.
  • Gaya. Sekali lagi, ada dua gaya pembalut: dengan sayap dan tanpa sayap. “Sayap” pada pembalut adalah bagian yang bisa dilekatkan pada celana dalam. Sayap ini menjaga pembalut agar tidak bergeser dan terasa seperti popok bayi sekali pakai. Singkatnya, pembalut ini cocok untuk Anda jika pembalut tidak menimbulkan iritasi atau masalah lainnya.
    • Secara umum, hindarilah pembalut yang wangi, apalagi jika kulit Anda sensitif. Pembalut seperti ini bisa mengiritasi daerah-daerah yang tentunya tidak Anda inginkan menjadi teriritasi.
    • Ada juga panty liner yang berbeda dengan pembalut biasa. Gunakanpanty liner ketika menstruasi Anda baru mulai atau ketika akan selesai, yaitu ketika cairannya keluar sangat sedikit.

2. Kenakan pembalut pada posisinya. Sebagian wanita mengganti pembalutnya ketika akan mengeluarkan cairan menstruasi, namun kadang-kadang ada keinginan pula untuk buang air kecil. Apapun itu, carilah toilet terdekat, cucilah tangan, dan bukalah celana. Sayangnya, pembalut tidak akan dengan mudah terpasang di daerah kewanitaan. Hal ini masih diselidiki secara ilmiah.

  • Cara yang mudah adalah saat Anda duduk dan melepaskan celana dalam hingga pergelangan kaki. Posisi berdiri juga tidak apa-apa, yang Anda butuhkan adalah agar semuanya bisa dilakukan dalam jangkauan.

3. Singkirkan pembungkus atau kotak pembalut. Anda bisa membuangnya, namun alangkah baiknya jika digunakan sebagai pembungkus pembalut yang sudah Anda pakai. Tak seorang pun ingin melihat pembalut bekas di tempat sampah, bukan? Dan jangan membuangnya ke dalam jamban karena bisa mengambang!.

4. Buka penutup atau sayap pembalut dan lepaskan lapisan perekat panjang di bagian belakang yang menempel di tengah pembalut. Lepaskan pula lapisan perekat pada sayap pembalut, lalu buang ke tempat sampah (Anda tidak memerlukannya sebagai pembungkus).

  • Pada beberapa merek pembalut sekarang ini, pembungkus pembalut juga berperan sebagai pelapis bagian belakang. Hal ini lebih ramah lingkungan dan lebih sederhana. Jika menemukan pembalut seperti ini, maka akan lebih memudahkan Anda.

5. Pasang bagian pembalut yang berperekat pada celana dalam. Pembalut harus langsung berada di bawah vagina, tidak di depannya atau belakangnya! Jika Anda mau sedikit berbaring, Anda perlu membuatnya sejajar sedikit ke belakang, namun Anda mungkin tahu di mana letak pemasangan pembalut yang paling efektif. Anda akan semakin mahir memasang pembalut dengan tepat jika sering melakukannya!

  • Anda menggunakan pembalut bersayap? Pastikan untuk melekatkan sayap pembalut di bagian luar celana dalam. Sayap itu menjaga agar pembalut tetap pada tempatnya ketika Anda bergerak, sehingga terasa lebih nyaman dan alami.

Tinggalkan Balasan